Referensi Belajar Bahasa Turki Tengah Dicari

Akhir-akhir ini, aku melihat cukup banyak orang yang antusias dengan Bahasa Turki— atau mungkin hanya perasaanku saja. Posku yang berjudul ‘Catatan Belajar Bahasa Turki’ yang terbit satu tahun silam, ada saja yang mengunjunginya setiap hari. Bukan apa, tapi terkadang angka pengunjungnya lebih tinggi dari pada pos-pos yang lain. Itulah mengapa aku berniat untuk menyinggungnya di sini di hari Sabtu yang luang ini.

Banyak yang mengetikkan di mesin pencarian seputar referensi cara efektif belajar Bahasa Turki, beasiswa kuliah di Turki, grammar Bahasa Turki, Bahasa Turki untuk pemula, dan tempat les Bahasa Turki. Beberapa mampir ke blogku dan bisa jadi tidak menemukan informasi yang mereka inginkan. Ada juga satu dua yang meninggalkan komentar dan ucapan terima kasih. Selain di blog, beberapa orang juga suka menghubungiku lewat akun WhatsApp. Karena aku bergabung dengan sebuah WAG Bahasa Turki, maka tak jarang mendapat pesan pribadi dari anggota grup. Yang mereka tanyakan pun masih sama, yaitu seputar informasi di atas. Keadaan seperti itu sebenarnya kerap membuatku canggung dan memberi efek rasa bersalah, juga malu ketika melihat kembali seberapa bisakah diriku. Tentu akan lain jadinya jika aku adalah seorang yang sudah expert dalam bidang itu.

Aku tidak mau ambil pusing. “Jika ada pertanyaan tentang Bahasa Turki yang materinya sudah aku kuasai, insya Allah aku bisa bantu menjawab. Tapi jika materinya belum aku kuasai, coba aku tanyakan ke temanku atau kamu juga bisa menghubunginya sendiri,” itulah yang kerap aku katakan. Aku juga masih dalam tahap belajar, dan jika diumpamakan dalam sebuah kelas maka aku adalah murid yang tidak pintar-pintar amat.

Salah satu dari beberapa pertanyaan yang masuk adalah: Apakah ketika memulai belajar Bahasa Turki, kamu langsung mencoba konuşma (berbicara)? Jawabnya: Belajar konuşma itu bagus, bagaimanapun practice makes perfect. Dengan mengucapkan kata-kata yang kita pelajari, kita akan semakin familiar dengannya. Apalagi pengucapan huruf vokal Bahasa Turki membutuhkan effort lebih. Tapi, aku pribadi lebih mengutamakan untuk memahami apa yang sedang aku pelajari. Aku belajar bagaimana native speaker menyatakan sesuatu dan mengikutinya, juga membangun lingkungan belajarku sendiri. Mengapa harus buru-buru bisa berbicara dengan Bahasa Turki tapi pemahaman belum memadai?

Itulah mengapa, sejauh ini, bisa dibilang keterampilanku memahami memiliki angka lebih dari pada keterampilan berbicara. Bayangkan, ketika melakukan video call dengan teman Turkiku saja, aku masih dibantu dengan Bahasa Inggris atau Arab. Sampai cekikikan temanku itu kalau aku tak kunjung paham jua. Oke aku mehamaminya, tapi untuk menjawabnya seperti ada gangguan dari dalam: gönül söylemek istiyor dil çaresiz alias hati ingin bicara tapi lidah tak berdaya. Berbeda halnya ketika mengobrol lewat pesan teks. Lumayan bisa serampangan. Tapi, aku percaya bahwa semua itu memang masih dalam prosesnya.

Kadang aku juga ditanya kenapa aku menyukai Bahasa Turki. Aku bisa saja memberi alasan yang berbeda-beda kepada tiap orang yang bertanya, karena memang alasanku tak cukup satu. Yang paling aku sukai adalah ketika karenanya aku bisa sedikit-sedikit memahami buku berbahasa Turki. Aw. Bisa membaca literaturnya dalam versi asli tentu saja sebuah IMPIAN.

Aku juga sudah mulai melakukan çeviri (menerjemahkan) kalimat-kalimat pendek. Biasanya kalimat-kalimat itu aku dapatkan dari Instagram dan Facebook, atau dari akun Twitter O Cümleler. Untuk melakukannya, aku masih terus dibantu kamus (bukan Google Translate), tapi bukan berarti semua kalimatnya di copy lalu paste 😯🤷 Aku mencari makna kata yang tidak aku ketahui, lalu mengartikannya dalam satu kalimat utuh. Dengan begitu, aku bisa sekalian memahami dan menambah kosa kata baru. Semoga di lain judul hasil çeviri itu bisa dipublikasikan di blog ini. 

Ada beberapa sumber yang bagus untuk memperoleh informasi tentang Bahasa Turki atau seputar Turki, tapi bukan biro jodoh untuk mendapatkan pasangan dari Turki lho yaaa...

1. Endonezyam, mempunyai program kelas Bahasa Turki online. Aku kira banyak peminat Bahasa Turki yang mengenal komunitas ini. 

2. Turkish Spirit, telah menerbitkan buku-buku seputar Turki dan buku panduan belajar bahasa Turki. Di akun Instagramnya lebih banyak menyediakan informasi seputar kehidupan di Turki dan acapkali membantu mengklarifikasi berita hoax tentang Turki yang tersebar di media pemberitaan Indonesia. Komunitas ini juga bisa membantu menjawab pertanyaan seputar beasiswa pendidikan di Turki.

3. Learn Turkish with Emre, akun ini cukup detail dan menarik dalam memberikan penjelasan grammar Bahasa Turki. Kadang penjelasannya pun dengan video animasi pendek yang mudah dipahami.

4. Learn İstanbul Turkish, akun milik Pak Emrah. Ia juga memiliki Youtube channel yang bisa membantu kita memahami grammar Bahasa Turki.

Sip. Begitu saja.

13 thoughts on “Referensi Belajar Bahasa Turki Tengah Dicari

Add yours

    1. Mungkin iya. Karena menurut saya suffixnya banyak 😅 kalimat dalam bahasa turki kalau ditulis kadang hanya menjadi 1 kata/ucapan saja. Misal: hastanedeyim/aku di rumah sakit, gelebiliyorsan/jika kamu bisa datang. Begitu 🙂

      Liked by 1 person

  1. Semoga suatu saat nanti kamu bisa ke Turki, De.

    Btw, Ustadz Felix juga sering membahas tentang Turki. Banyak ilmu yang didapatkan darinya.

    Request dong, di pos berikutnya bahas tentang sejarah Turki seperti Turki Utsmani, Ottoman atau Janissary.

    Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Website Built with WordPress.com.

Up ↑

Create your website with WordPress.com
Get started
%d bloggers like this: