Gelang Tali Waterproof by Urvilla Bracelets

Gelang yang saya kenakan saat ini adalah gelang waterproof keluaran brand lokal yang tidak main-main kualitasnya; Urvilla Bracelets. Saya membelinya 2,5 tahun lalu di Toko Barang Bareng, sebuah handmade store yang kini membuka gerainya di Kedai Kebun Forum (KKF). Kalau tidak salah, khususnya di Jogja, produk Urvilla Bracelets hanya bisa ditemukan di toko itu.

gelang yang menemani saya dua setengah tahun lamanya ^_^

Kebetulan, saya suka sekali dengan aksesoris gelang dan kegiatan membeli barang-barang handmade, jadi ketika dipertemukan dengan gelang-gelang Urvilla yang—wah! ini tuh beda banget sama gelang handmade yang lain, saya langsung jatuh cinta. Bagaimana tidak? Kalau saya gambarkan secara keseluruhan, gelang Urvilla memiliki model yang sangat bervariasi. Bahan-bahannya juga berkualitas, mulai yang berbahan tali polyester wax, manik-manik mutiara atau biji tumbuhan, sampai yang dikombinasikan dengan batuan alam, 24k gold plated, ataupun sterling silver. Gelangnya bisa untuk unisex. Sedangkan, kalau bicara soal warna, Urvilla punya warna-warna terbaiknya. Uniknya lagi, Urvilla memiliki konsep untuk gelang-gelangnya itu. Beberapa memiliki nama dan filosofi khusus yang dicantumkan di kemasannya, seperti tentang cinta, persahabatan, keberuntungan, kebahagiaan, atau bulan kelahiran. Dari penampakan itu, saya tidak perlu berpikir panjang lagi untuk mengadopsi salah satunya.

Saya rasa, kulit saya yang sedikit gelap tidak cocok dengan gelang yang berukuran mungil dan warna-warna soft. Pertimbangan kecocokan dengan warna kulit memang jadi hal yang lumrah saat memilih gelang, bukan? Saya memilih dua gelang yang terbuat dari tali polyester wax, model yang paling cocok melingkari pergelangan tangan saya, masing-masing berwarna pink dan hijau muda. Gelang ini dirangkai dari 10 tali berukuran kecil yang kuat, yang model pemakaiannya dengan cara diserut. Harganya murah, dan saya pikir model ini adalah yang paling murah, yaitu Rp 35.000,- saja per itemnya. Saya tahu model lainnya dibandrol dengan harga yang lebih tinggi bahkan sampai ratusan ribu rupiah. (Pertanyaan pertama: Kenapa tanganmu lebih cocok dengan yang harganya murah?)

Begitu mengenakan gelang tali waterproof Urvilla, saya merasa sangat cocok sekaligus takjub. Saya pernah memakai gelang berbahan dasar tali sebelumnya, hanya saja belum pernah ada yang seperti Urvilla punya dengan banyak kelebihannya. Ini yang harus saya ceritakan dengan detail.

  1. Tali polyester wax yang dipakai Urvilla memiliki kualitas bagus dengan warna yang sempurna. Tidak ada bagian tali yang menunjukkan warna dasar tali sebelum diwarnai.
  2. Rasanya ringan dan nyaman di pergelangan tangan. Saya belum pernah merasakan efek terganggu karena memakai gelang tali ini.
  3. Seratus persen waterproof dan awet. Ini bagian terbaiknya. Kesan pertama saya setelah mandi tanpa melepas gelang adalah eh, kok malah jadi wangi sih talinya? Ternyata, tali gelangnya malah jadi wangi sabun yang saya pakai! Pun talinya tidak menunjukkan tanda-tanda kerusakan, bahkan warnanya tidak luntur sama sekali. Kurang dari satu jam, tali yang basah itu sudah bisa mengering. Saya sempat berpikir, mungkin talinya akan rusak juga jika dibasahi terus-menerus. Sampai 1 tahun, mungkin? Tapi buktinya, sampai 2,5 tahun ke depan—hari ini, warnanya masih sama seperti ketika saya meminangnya untuk pertama kali. Saya jadi yakin, tali gelang yang berbahan polyester wax memang memiliki sifat waterproof, jadi tetap aman meski dipakai untuk mandi atau berenang. (Pertanyaan kedua: Akankah kamu tertawa gembira untuk hal ini?)
  4. Tahan banting. Apa kata yang tepat untuk mendeskripsikannya, ya? Saya sedikit khawatir tali gelangnya akan rusak ketika kuku kucing saya menyangkut di sela-sela tali. Kejadian ini sebetulnya telah terjadi berulangkali karena saya sering bermain dengan kucing-kucing saya. Saya tidak bisa mengelak kalau mereka mulai mencakar-cakar dan menyasar gelang. Tapi, setelah cakaran-cakaran itu, ternyata gelang saya masih bertahan juga. Talinya yang terkena cakaran tidak lantas membuat serat benangnya putus. Talinya hanya koyak sedikit yang tidak sampai berakibat fatal untuk bagian tali itu. Overall, masih terlihat seperti tidak ada cacat.
  5. Fleksibel. Karena dikenakan dengan cara diserut, gelang ini memungkinkan untuk tangan besar atau kecil. Maksud saya, tangan kecil milik orang dewasa, bukan anak-anak.
  6. Harganya murah. Seperti yang saya katakan sebelumnya, harga gelang tali waterproof ini hanya Rp 35.000,-. Ketika saya membelinya untuk menghadiahi teman, saya mendapatkan pouch serut Urvilla berukuran mini tanpa tambahan biaya. Very nice!

Sayang sekali, saya tidak punya review buruk mengenai gelang tali waterproof Urvilla ini. Saya mendapat kepuasan yang baik selama memiliki dan mengenakannya, dan inilah alasan yang memperkuat saya untuk membagikan reviewnya di sini. Memang, jika dilihat dari sisi rangkaian gelang, ada bagian berwarna hitam yang merupakan bekas bakaran api yang berfungsi untuk mengunci tali supaya tidak terlepas dan mudah koyak. Letaknya ada di ujung tali serut dan ujung ikatan 10 tali. Namun, bagi saya bagian itu tidak bisa dinilai sebagai sebuah cacat. Saya lebih suka menilainya sebagaimana saya menilai cangkir keramik yang gagangnya melengkung menjadi setengah lingkaran, yang saya dapatkan dari pengrajin handmade pottery lokal. Bagian-bagian seperti itu, wajar saja adanya pada barang-barang handmade. “Sebuah karya yang diciptakan tangan-tangan ajaib ini tetap bagus.”

Setelah lebih dari 2,5 tahun, saya berniat untuk membeli produk Urvilla Bracelets kembali dalam waktu dekat ini. Mungkin saya akan memilih model yang lain. Saya pikir, siapapun yang mengenakan gelang Urvilla akan menjadi lebih gembira dan percaya diri. Seperti saya.

main ⁽⁽ଘ( ˊᵕˋ )ଓ⁾⁾
nugas ╰(*´︶`*)╯

14 thoughts on “Gelang Tali Waterproof by Urvilla Bracelets

Add yours

    1. banyak gelang yang cepet rusak gitu kaaan.. jadi mesti hati-hati banget kalau pakai. yg urvilla ini awet kok, kak ☺️ kontak urvilla aja lewat dm di instagram, kak. ☺️☺️

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Website Built with WordPress.com.

Up ↑

Create your website with WordPress.com
Get started
%d bloggers like this: